Inspirasi Dari Cahaya Bintang

 hikmah penciptaan bintang, tafakkur tentang bintangInspirasi Dari Cahaya Bintang,- Perjalanan hidup tak selamanya mulus, ada rintangan yang harus dilalui, ada dinding cobaan yang harus dipanjati, ada kerikil ujian yang melukai langkah, dan ada batu cobaan yang membuat kita tersandung.
Namun semua itu melahirkan kisah, dan semua itu akan mendewasakan kita. Adanya cobaan bukan semata-mata menghalangi langkah kita untuk menuju kebahagiaan, tetapi justru hal itu akan membuat kita sadar bahwasanya suatu saat setelah kebahagiaan bisa kita dapatkan, perasaan suka cita dan kegembiraan sangat terasa nyata mengindahkan hari-hari kita.

Segala hal yang ada di dunia ini mengajarkan kita tentang sebuah kesadaran, kesadaran agar membuat kita semakin dewasa. Dari deru angin yang berhembus, aliran air, hamparan tanah, rerumputan, dan semua makhluk Tuhan yang lainnya baik di langit maupun di bumi, semuanya mengajarkan arti kehidupan kepada manusia, khususnya orang-orang yang berakal. sebagaimana yang Allah firmankan dalam Qs. Al-Imron ayat 191 bahwasanya tidaklah Allah menciptakan semua itu dengan sia-sia.

Salahsatunya adalah bintang yang bertebarang di angkasa. Bintang merupakan salah satu benda langit yang jumlahnya milyaran. Dalam Al-Qur'an, bintang berfungsi sebagai penunjuk jalan bagi orang-orang tersesat, dan sebagai alat untuk melempar setan ketika mereka mencari informasi di Lauhul Mahfudz.

Terlepas dari semua itu, ternyata bintang juga menjadi perantara Tuhan untuk membuat jiwa seseorang bertambah dewasa dan memiliki sifat optimis untuk menatap masa depan di tengah keadaan diri yang penuh dengan kekalutan dan kegelisahan. sebagaimana bintang, pada siang hari ia tidak terlihat sama sekali, akan tetapi ketika malam menjelma, ia bertebaran memenuhi ruang angkasa.

Begitu juga dengan hidup kita. Ketika hidup kita penuh dengan kegelapan masalah, dilingkup dengan kekalutan, dan diselimuti dengan kegetiran. Jangan pernah merasa bahwa hidup kita terasa gelap, layaknya malam dengan pekatnya. Tidak ! Kita tidak boleh beranggapan demikian, kita harus ingat bahwa bintang selalu hadir di tengah pekatnya malam. 

Begitu pun dengan berbagai problema yang melingkup aktivitas kita. Sebagaimana bintang yang hadir di tengah kegelapan malam, kehidupan kita pun harus seperti itu. Yakinlah, ada cahaya terang benderangan di tengah kegelapan hidup, ada setetes penawar dalam luka nurani yang tersayat. Karna Allah telah berjanji "Sesungguhnya bersama kesulitan, ada kemudahan." Tetap optimislah, belajarlah dari cahaya bintang !

Mengambil pelajaran dari bintang

"Terlebih dulu bintang diberi gelap agar ia terlihat bersinar, seseorang juga perlu diberi masalah agar ia merasakan kebahagiaan setelahnya" Ricky Al-Faqiir,-


×Tutup
Apakah artikel ini menginspirasi ? Jika ia, luangkan waktu Anda untuk mengklik dan melihat salah satu iklan yang tampil agar situs ini tetap berkembang. Terima kasih !

Baca juga:
                    * Belajar Dari Kerang Mutiara (Kisah Inspiratif)


EmoticonEmoticon