Manfaat Gerakan Shalat Bagi Kesehatan

Manfaat Shalat Bagi KesehatanManfaat Gerakan Shalat Bagi Kesehatan,- Sebagaimana yang telah ditekankan bahhwasanya Islam adalah agama yang ilmiah dan sangat cocok untuk umat manusia di segala zaman.

Allah swt sebagai Tuhan pencipta alam semesta ini sangat tahu apa saja yang dibutuhkan oleh seluruh makhluk ciptaan-Nya, termasuk dalam kaitan ibadah yang nyata-nyata wujud kepasrahan kepada Tuhan. Buktinya, semua perintah-Nya tidak hanya bernilai ketakwaan, tetapi juga mempunyai manfaat besar bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah shalat.


Shalat ternyata tidak hanya menjadi amalan utama bagi seorang muslim, namun gerakan-gerakannya paling porporsional bagi anatomi tubuh manusia. Bahkan, dari sudut pandang medis, shalat adalah gudang obat dari berbagai jenis penyakit.

Shalat merupakan ibadah yang paling tepat untuk menjaga metabolisme dan tekstur tubuh manusia. Gerakan-gerakan  yang berada di dalam shalat mempunyai manfaat masing-masing. Nah, berikut ini adalah  beberapa rahasia gerakan shalat melalui sudut pandang medis atau ilmu kesehatan.

#Takbiratul Ihram

Manfaat Shalat Bagi Kesehatan

Takbiratul ihram dalam shalat diaplikasikan dengan berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah. Ternyata, gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening (limfatik), dan kekuatan otot lengan.

Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir secara lancar ke seluruh tubuh. Ketika seseorang mengangkat kedua tangan, maka otot bahunya akan meregang sehingga aliran darah kaya akan oksigen. Kemudian kedua tangannya didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Posisi ini bermanfaat untuk menghindarkan pelaku shalat dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

#Ruku'

Manfaat Shalat Bagi Kesehatan

Rasulullah saw ketika shalat mencontohkan gerakan rukuk dengan sangat sempurna. Menurut beberapa hadits, rukuk beliau rata seperti permukaan air. Maka, gerakan rukuk yang sempurna ini di tandai dengan tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung, gelas itu takkan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang.

Gerakan ini ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi serta fungsi tulang belakang atau istilahnya latinnya Corpus Vertebrae yang berfungsi sebagai penyangga tubuh dan pusat saraf. Posisi jantung yang sejajar dengan otak membuat aliran darah mengalir secara maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut juga berfungsi untuk merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk merupakan sarana latihan bagi kemih sehingga gangguan prostat dapat tercegah.

#I’tidal
Manfaat Shalat Bagi Kesehatan

I’tidal merupakan gerakan shalat bangun dari rukuk. Pada posisi ini tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua  tangan setinggi telinga. I’tidal merupakan variasi dari postur setelah rukuk dan sebelum sujud.

Gerakan seperti ini sangat bermanfaat sebagai latihan yang baik bagi organ-organ pencernaan agar dapat mencerna seluruh makanan yang masuk dengan sempurna. Ketika seseorang  I’tidal, maka organ-organ pencernaan di dalam perutnya kan mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Hal ini dapat memberi efek yang baik untuk melancarkan pencernaan.





EmoticonEmoticon