MANFAAT QAILULAH SECARA MEDIS

Manfaat Qailulah Secara MedisManfaat Qailulah Secara Medis,- Tidur merupakan salah satu kebutuhan primer bagi setiap orang, baik itu orang berkulit putih ataupun hitam, baik itu muslim ataupun non muslim. Dalam Al-Qur’an sendiri, Allah swt menjelaskan bahwasanya tidur merupakan salah satu diantara tanda-tanda kekuasaanNya, hal ini tercantum dalam QS. Ar-Ruum : 23.

وَمِنْ آيَاتِهِ مَنَامُكُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَاؤُكُمْ مِنْ فَضْلِهِ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah tidurmu diwaktu malam dan siang hari serta usahamu mencari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan bagi kaum yang mendengarkan”

Dari ayat di atas diketahui bahwa tidur merupakan salah satu diantara tanda-tanda kekuasaan Allah pada makhluk-Nya. karena tidur merupakan salah satu sifat asasi pada manusia dan merupakan kebutuhan yang bersifat vital. Nah, diantara waktu tidur adalah waktu siang hari atau dalam Islam disebut Qailulah.

Secara bahasa, Qailulah berarti sejenak atau singkat. Hal ini mengisyaratkan bahwa Qailillah adalah tidur sejenak di siang hari. Berhenti sejenak dari kesibukan sehari-hari, terminal perlintasan di saat padatnya pekerjaan atau di tengah panasnya terik matahari. Saat dimana jiwa manusia membutuhkan ketenangan, agar mampu berpikir, dan merenung dari rasa penat dan gelisah.

Mengenai qailulah, banyak hadits Rasulullah saw yang menyinggung bahwa tidur siang adalah salah satu kebiasaan yang sangat dijaga oleh beliau dan digemari para sahabat serta umatnya. Sampai sekarang tidur siang sudah menjadi bagian penting bagi kehidupan sebagian orang Islam.

Tapi bagi kebanyakan orang yang tidak tahu, menganggap bahwa tidur siang merupakan salah satu tanda orang malas. Namun hal tersebut tidak benar. Karena Rasulullah sendiri pun mengajarkan.

Lalu, apa manfaat tidur siang atau qailulah secara medis ?
Didasarkan pada studi yang dilakukan di Allegheny College, AS disimpulkan bahwa tidur selama 45-60 menit di siang hari bisa membantu menurunkan tekanan darah setelah mengalami stress dan tekanan saat beraktivitas ketimbang orang yang tidak tidur siang. Peneliti mengungkapkan bahwa tidur siang sama dengan telah menyediakan cara sederhana untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, manfaat lain dari qailulah yaitu:

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat Qailulah Secara Medis

Menurut salah seorang peneliti dari lembaga tersebut, Sarah Conklin, Ph.D. tidur siang dapat memberikan manfaat pada kardiovaskular sehingga mempercepat pemulihan karena stress mental. Pada studi ini,  Sarah mempelajari 85 siswa sehat yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu yang tidur dan yang tidak tidur.

Hasil temuan ini kemudian dipublikasikan lewat Springer’s International Journal of Behavioral Medicine menunjukan bahwa siswa yang tidur siang selama 45-60 menit memiliki tingkat tekanan darah lebih rendah secara signifikan selama fase pemulihan setelah kegiatan tidur siang dibandingkan siswa yang tidak tidur. Menurut Sarah, percobaan ini membuktikan bahwa tidur siang memberikan manfaat penyembuhan dan protektif.

Menyehatkan Hati

Manfaat Qailulah Secara Medis

Selain itu manfaat lain dari tidur siang atau qailulah adalah meminimalisir penyakit yang berhubungan dengan hati dan dapat mengingkatkan produktivitas kerja. Sebagaimana yang dikutip dalam CNN, diungkapkan bahwa tidur siang di sela-sela kesibukan kerja dapat meminimalisir terkena masalah hati yang parah.

Dalam studi di sumber tersebut terungkap bahwa mereka yang menghabiskan waktu tidur di kantor selama sekitar setengah jam selama seminggu akan membuat kadar usia pendek mereka menurun karena jauh dari sebab-sebab timbulnya penyakit hati dengan presentase 37% dibandingkan mereka yang tetap terjaga dan melanjutkan pekerjaannya.

Begitu juga dengan kaum hawa, mereka juga dianjurkan untuk melakukan qailulah atau tidur siang. Sebab selama ini kebanyakan yang menggunakan waktu tidur siang adalah kaum adam. Hal ini didasarkan pada perkataan  Dr. Dimiteryus Tricobolous, seorang penanggung jawab studi dan analisi di dua fakultas kedokteran, Universitas Harvard dan Athena.

Dalam studinya ia menjelaskan bahwa sejumlah wanita yang menjadi sampel dan meninggal mencapai 48  orang, 6 orang diantaranya berstatus pekerja/wanita karier dibandingkan kaum laki-laki, diantaranya 28 orang laki-laki karier. Oleh sebab itu, Dimiteryus menyarankan kepada semua orang apabila berkesempatan untuk melakukan tidur siang barang sejenak, maka lakukanlah.

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Manfaat Qailulah Secara Medis


Qailulah juga dapat meningkatkan kualitas kerja. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dimajalah ilmu psikologi tahun 2002, menyimpulkan secara tegas tentang manfaat ini. Menurut penelitian, melakukan qailulah selama 10-40 menit akan memberikan kenyamanan yang cukup bagi tubuh dan mengurangi tingkat hormon perusak yang berlebihan pada darah sebagai akibat dari aktivitas fisik dan otak yang dikerjakan seseorang.

Menambah Kinerja Otak

Manfaat Qailulah Secara Medis

Para ilmuwan juga melihat bahwa tidur sejenak disiang hari akan melenturkan otak dan otot-oto pada manusia, mengembalikan kapasitas kemampuan untuk berpikir dan konsentrassi, seerta menambah produktivitas dan semangat kerja.

Bahkan studi yang dilakukan dibawah bimbingan peneliti dari Spanyol, Dr. Iskalanty menegaskan bahwa tidur siang sejenak dapat mengatur memori dan kemampuan konsentrasi serta membuka peluang berputarnya kerja otak dengan lebih rileks. Hal ini tentu merupakan kondisi yang ideal bagi seseorang untuk melakukan pekerjaan.


Itulah diantara beberapa manfaat qailulah yang ditinjau secara ilmiah;
Semoga Bermanfaat !


EmoticonEmoticon