Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan,- 

Manfaat Wudhu Bagi KesehatanKita sebagai umat Islam yang taat, tentu sudah mengerti betul apa itu wudhu berikut gerakannya. Menurut istilah, wudhu merupakan gerakan membasuh bagian tertentu yang telah ditetapkan dari anggota badan dengan air sebagai persiapan bagi seorang mumin untuk menghadap Allah (shalat). Selain itu, wudhu juga disunnahkan ketika hendak melakukan aktivitas-aktivitas tertentu seperti tidur, berangkat kerja ataupun hal-hal lainnya.

Kali ini, akan dijelaskan tentang manfaat wudhu bagi kesehatan dari segi ilmiah. Sederhananya, mambasuh anggota tubuh yang selalu terkena debu, secara umum sangat penting bagi kesehatan. Anggota-anggota tubuh yang setiap harinya terkena kuman dengan jumlah yang banyak. Mikroba-mikroba tersebut jika terus bersarang di dalam tubuh, maka sewaktu-waktu menyerang tubuh melalui kulit, khususnya di daerah-daerah yang terbuka.  Dengan demikian, ketika seseorang berwudhu, maka mikroba-mikroba tersebut akan tersapukan dan kulit kembali bersih dan sehat. Lalu, apa sajakah manfaat wudhu bagi kesehatan ?

Membasuh Telapak Tangan

Manfaat membasuh tangan

Hal ini memberikan manfaat yang snagat besar dalam menghilangkan debu dan mikroba,. Gerakan wudhu juga dapat menghilangkan keringat dari permukaan kulit dan membersihkan kulit dari lemat yang dipartisi oleh kelenjar-kelenjar kulit. Wilayah ini biasanya menjadi tempat yang ideal untuk berkembang biak bakteri. Jika disertai pijatan yang sempurna dan menuangkan air secukupnya, maka sangat kecil kemungkinan ada kotoran atau kuman yang tertinggal di tubuh. Begitu juga dengan membasuh tangan sampai siku, dan membasuh wajah.

Berkumur-Kumur

Manfaat berkumur

Ilmu pengetahuan modern telah membuktikan bahwa berkumur bisa melindungi mulut dan kerongkongan dari inflasi dan juga gusi bernanah. Selain itu, dapat pula melindungi dan membersihkan gigi dengan mengeluarkan sisa makanan yang tertinggal.Peneliti modern juga membuktikan bahwa berkumur dapat menjaga mulut dan tenggorokan dari radang serta menjaga gusi dari luka.

Berkumur juga bermanfaat untuk menguatkan sebagian otot-otot wajah da menjaga kesegarannya. Bahkan, menurut pakar dalam bidang olahraga, mengemukakan bahwa berkumur merupakan latihan rutin yang sangat penting, sebab jika dilakukan dengan menggerakkan otot-otot wajah dengan baik, dapat menjadikan jiwa seseorang tenang.

Membersihkan Lubang Hidung

Manfaat membesihkan lubang hidung

Gerakan ini bermanfaat untuk menjaga agar lubang hidung bersih dan bebas dari inflasi serta kuman. Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan modern membuktikan bahwa kebanyakan orang yang berwudhu secara konsisten, maka hidung mereka lebih bersih dan bebas dari debum bakteri, dan mikroba. Selain itu, membersihkan lubang hidung juga merupakan proses menjaga seseorang akan bahaya pemindahan mikroba dari hidung ke anggota tubuh lainnya.

Membasuh Kedua Kaki

Manfaat membasuh kedua kaki

Gerakan membasuh kaki dengan pijatan dapat menimbulkan perasaan tenang dan puas karena telapak kaki merupakan cerminan dari seluruh perangkat tubuh. Orang yang berwudhu seakan-akan telah memijat seluruh tubuhnya satu per satu. Di daerah kaki, banyak terdapat otot dan saraf yang menghubungkan ke organ tubuh lain. maka, kalau kita sedang capek dan sakit, sering-seringlah melakukan pijatan di daerah kaki.

Manfaat Lain Dari Berwudhu

Selain itu membasuh tangan dan kaki disertai pijatan dapat membantu memperkuat sirkulasi darah sehingga dapat menambah vitalitas dan aktivitas tubuh. Hal ini setidaknya telah diakui kebenarannya oleh banyak ahli saraf. Menurut mereka, air wudhu dapat mendinginkan ujung saraf jari-jari tangan dan kaki, dimana hal tersebut bergunan untuk memantapkan konsentrasi pikiran.

Hal lainnya adalah pada anggota badan yang terkena perlakuan wudhu, terdapat ratusan titik akupunktur yang bersifat reseptor terhadap stimulus berupa basuhan, gosokan, usapan, dan tekanan/urutan ketika melakukan wudhu. Stimulus-stimulus tersebut akan dihantarkan melalui meridian ke sel, jaringan, organ, dan sistem organ  yang bersifat terapi.

Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

Sejauh ini, titik-titik akupunktur merupakan fenomena menarik dila dikaitkan dengan manfaat wudhu yang disyariatkan sekitar 14,5 abad lalu. Karena setelah melakukan penelitian, ternyata terdapat 493 titik reseptor pada anggota wudhu. Pada wajah ada 84 titik, tangan 95 titik, kepala 64 titik, telinga 125 titik, dan kaki 125 titik reseptor. Bayangkan, seandainya kita berwudhu sedikitnya lima kali dalam sehari, maka ribuan titik akupunter dapat dirangsang guna membangun homeostatis. Hal tersebut dapat menghasilkan efek terapi yang memiliki multiindikasi, seperti mengobati migran, sakit gigi, bengkat, dan jemari kaku/membeku.

Sementara itu, seorang pakar dari lembaga General and Ecology di Daghnestan State Medical Academy, Rusia, Dr. Magomedov, telah mengakui keajaiban dari berwudhu dalam  sudut pandang ilmiah. Menurutnya, rangsangan dari aktivitas wudhu muncul ke seluruh tubuh, khususnya pada area yang disebut BASes (Biological Active Spots) atau titik-titik aktif biologis.

Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

Menurut riset yang dilakukan oleh Magomedov, BASes mirip dengan titik-titik refleksi Cina. Dan untuk menguasai titik itu dengan tuntas umumnya dibutuhkan waktu berlatih antara 15-20 tahun. Hal ini bisa dibandingkan dengan praktik wudhu yang sangat sederhana. Wudhu memiliki kelebihan yang unggul, dimana refleksi hanya berfungsi menyembuhkan, sedangkan wudhu juga sangat efektif untuk mencegah masuknya bibit penyakit.

Itulah beberapa faedah wudhu secara medis yang dapat dikatakan sebagai rahasia lain dari wudhu yang jarang diketahui oleh sebagai umat Islam. Semoga bermanfaat !

1 komentar so far

This comment has been removed by a blog administrator.


EmoticonEmoticon